Membuat Sabun Secara Alami

Sabun mandi adalah bagian tak terpisahkan dari ritual mandi kita sehari-hari. Dalam sehari, setidaknya dua kali kita akan “bergaul” dengan sabun mandi. Akan tetapi, sadarkah kita betapa sesungguhnya setiap kita mandi, kita akan berhubungan dengan detergen yang merupakan zat kimia yang dalam kadar tertentu akan membahayakan kulit tubuh kita? detergen sendiri memang memiliki efek kesat pada kulit yang berkesan bersih, akan tetapi, detergen sendiri dapat mengakibatkan iritasi pada kulit jika kulit harus terpapar detergen dalam kadar yang tinggi dan dalam waktu lama. Menggunakan sabun alami adalah solusinya. Akan lebih bagus jika kita dapat membuat sabun sendiri sebagai produk perawatan kulit. Dengan menggunakan bahan-bahan alami, tentu saja sabun buatan kita tersebut akan lebih aman.

Bagaimana cara membuat sabun mandi secara alami? Bahan yang alami adalah kuncinya. Menggunakan bahan alami akan menghindarkan kita dari efek negatif terpapar zat kimia dalam jangka waktu lama. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kita perlukan untuk membuat sabun sendiri. Beberapa bahan yang kita perlukan adalah kaustik soda, pewarna jika diinginkan, susu murni dari sapi, minyak kelapa, lemak sapi cair, minyak serai dan bibit minyak wangi untuk pemberi aroma. Untuk mendapatkan sabun mandi yang alami, kita harus mencampurkan kaustik soda, pewarna, dan susu sapi terlebih dahulu. Sementara itu, minyak kelapa dan lemak sapi cari kita campurkan di tempat yang berbeda.

Proses pembuatan sabun mandi ini kemudian kita lanjutkan dengan mencampur dua macam campuran tadi sambil diaduk hingga mengental. Proses pengadukan adalah proses terpenting dari pembuatan sabun ini. Kecermatan saat mengaduk akan menentukan halus tidaknya sabun mandi buatan kita. terakhir, kita tuangkan minyak serai serta bibit minyak wangi sambil tetap diaduk. Proses pembuatan kemudian kita akhiri dengan menuangkan campuran lengkap tadi dengan menuangkan pada cetakan, boleh berbentuk apa saja sesuai selera kita. campuran dalam cetakan ini akan kita diamkan selama 12 jam hingga mengeras dan siap digunakan. Ingat, proses pencampuran harus sesuai dengan prosedur diatas karena melibatkan reaksi kimia antar bahan. Jika kita mencampur sekaligus, maka proses pembuatan sabun mandi akan gagal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>