Cara Pencegahan Eksim

Eksim adalah istilah umum untuk kondisi kulit seperti ruam. Jenis yang paling umum dari eksim disebut dermatis atopik, yang merupakan reaksi dari alergi. Eksim sering mengakibatkan rasa gatal dan ketika digaruk kulit akan menjadi merah dan meradang.

Ada banyak cara untuk mencegah eksim:

  1. Mandi. Berendam dalam air panas adalah cara terbaik untuk bersantai dan rileks. Sayangnya hal ini bisa menjadi salah satu penyebab rasa gatal jika Anda memiliki penyakit eksim. Mandi di air panas membuat kulit Anda dehidrasi. Minyak alami yang diproduksi oleh tubuh akan hilang selama proses ini. Hal ini akan semakin parah ketika Anda mengosok-gosokan dengan keras kulit yang terkena eksim dengan handuk. Berendamlah dengan air yang hangat-hangat kuku selama 10-20 menit. Jika mungkin, hindarilah menggunakan sabun dan shampo kimia. Ketika mengeringkan tubuh Anda, janganlah menggosok-gosokkan handuk terlalu keras ke kulit. Setelah itu, gunakan pelembab atau lotion ke kulit.
  2. Mengontrol Alergen. Alergen adalah penyebab utama gatal. Alergen bisa berasal dari apa saja, seperti bulu hewan peliharaan, serbuk bunga, parfum, sabun, debu, dan lain-lain. Jika seseorang menghindari alergen kemungkinan akan dapat mengurangi terjadinya ruam kulit.
  3. Berkeringat. Banyak berkeringat dapat meningkatkan penyakit eksim terutama ruam kulit di bawah payudara, dekat sendi dan area lain dari tubuh dimana dapat membuat kulit berlipat. Seseorang yang berbadan gemuk memiliki resiko tinggi mengalami keringat berlebih dan ruam kulit dua kali lipat. Penurunan berat badan dapat membantu mencegah eksim.
  4. Sabun. Sabun cuci dapat meninggalkan residu pada pakaian, hal ini dapat memperburuk eksim. Pakaian yang dicuci dengan sabun atau detergen yang mengandung baking soda harus dibilas dengan bersih. Carilah sabun yang memang dirancang untuk jenis kulit sensitif.
  5. Cuaca. Paparan suhu yang ekstrem dan udara kering juga dapat membuat kulit menjadi kering dan retak-retak, hal tersebut dapat memperparah eksim yang Anda derita. Gunakanlah selalu krim pelembab yang ditujukan untuk kulit kering dan sensitif.
  6. Menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan eksim. Hindarilah berbagi handuk dengan seseorang yang mengalami eksim, karena eksim dapat menular melalui handuk tersebut. Hindari makanan yang pedas dan mengandung banyak minyak, ikan, susu, lobak, dan berbagai makanan yang bisa memicu alergi.
  7. Periksakan ke dokter. Ketika eksim Anda semakin memburuk, mintalah obat eksim dari dokter kulit Anda. Biasanya obat yang digunakan adalah obat steroid berupa salep yang dioleskan ke kulit. Biasanya dalam 3 minggu eksim dapat disembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>